samedi, juillet 30, 2005

Flu..Pilek...Bersin...

Ada salah satu kalimat menarik yang saya ambil dari buku karangan Umar Kayam, Sketsa-sketsa Umar Kayam Mangan Ora MAngan Kumpul.

"...Flu, seperti Anda semua tahu, adalah virus yang tidak tedas tapak, paluning jamu sisaning tablet. Obat yang paling mujarab adalah daya tahan tubuh kita masing-masing. Semangkin kuat daya tahan tubuh kita semangkin cepat flu hengkang dari tubuh kita. Semangkin lemah, semangkin lama kita tergeletak di tempat tidur merenungi langit-langit kamar."

Memang flu sekarang menghantui semua orang Indonesia. Sejak dikabarkan tewasnya 3 orang dalam satu keluarga sekaligus akibat flu burung, orang baru mulai berbondong mencari tahu tentang virus ganas ini. Kompas Sabtu membahas tuntas flu burung, yang sebenarnya tidak menular antar manusia. Virus ini akan menular dari hewan (unggas, babi) ke manusia.

Flu lainnya, yang lebih sederhana namun banyak mengganggu, adalah flu sehari-hari alias pilek. Entah darimana, 2 hari belakangan ini alfin meler hidungnya. Ditambah pula ayahnya, yang tadi pagi sibuk mengeluarkan efek samping flu dari hidungnya. Tertular teman katanya.

Sebenarnya tidak ada obat yang bisa menyembuhkan flu, seperti dituliskan Umar Kayam. Yang ada adalah peringan efek samping flu, seperti dekongestan (pelega jalan pernafasan) atau bahkan obat tidur (supaya badan "dipaksa" istirahat). Oleh karena itu, saya hanya melakukan terapi banyak minum air hangat dan ASI serta makan sayur dan buah pada alfin. Biarlah waktu dan daya tahan tubuhnya yang melawan si virus nakal itu. Untuk ayahnya, terapi sama dan tidur (walaupun nampaknya sedang sulit dilakukan karena seminggu ini ia sibuk mengurus acara di kantornya plus si marun yang lagi ngambek).

Ayo alfin, tetap semangat, lawan si virus....Hatsyi!
*semoga maknya tak tertular pula*

1 Comments:

Anonymous Anonyme said...

hasyyyiiiink.....!!!!
Nak..., inilah realitanya...Tubuh manusia memang didisain untuk bisa dihinggapi penyakit. Nggak ada satu pun manusia di dunia ini yang kebal penyakit. Nggak perlu bertanya-tanya, kenapa terjadi begini, kenapa bisa begitu. Yang tepenting hanya satu, yakni bagaimana menyiapkan tubuh kita untuk melawan segala potensi yang bisa melemahkan peran kita sebagai manusia produktif untuk dunia dan akhirat. Bagaimana pendapatmu ? Hwaaaaa,.haooooo...**#@+?"...!!!
Awoooooo wabah...!!!

9:38 AM  

Enregistrer un commentaire

<< Home